Sifat Genetik Yang Mempengaruhi Bentuk Tubuh

Dokter ahli diet menjelaskan bahwa selain kebiasaan makan, faktor genetika juga memiliki peran yang penting dalam menentukan bentuk tubuh seseorang. Adapun sifat genetik yang mempengaruhi bentuk tubuh seseorang terbagi menjadi tiga,  yakni ectomorf, endomorf, dan mesomorf.

Kebiasaan dan pola makan tidak selalu memiliki pengaruh yang sama terhadap bentuk tubuh setiap orang. Ada orang yang makannya tergolong banyak namun tetap saja kurus, dan juga sebaliknya.

Inilah Sifat Genetik Yang Mempengaruhi Bentuk Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sifat genetik yang mempengaruhi bentuk tubuh seseorang itu ada 3 yakni ectomorf, endomorf dan mesomorf. Apa sih arti dari ketiga sifat genetik itu ? simak ulasannya dibawah ini.

Ectomorf
Tipe ini menggambarkan seseorang yang dilahirkan dengan faktor genetika kurus. Mulai dari kecil hingga usia dewasa, dia tetap kurus. Saat dewasa, tubuh cenderung kurus meskipun makannya tergolong banyak. Orang-orang yang banyak makan namun tidak kunjung gemuk dimungkinkan termasuk tipe ectomorf. Mereka yang termasuk golongan ini membutuhkan asupan kalori lebih banyak dengan gizi yang seimbang. Selain itu, mereka perlu memfokuskan pada asupan berprotein tinggi agar dapat membentuk otot dengan lebih mudah.

Endomorf
Tipe ini menggambarkan orang yang dilahirkan dengan faktor genetika gemuk. Mulai sejak kecil ia cenderung memiliki tubuh yang gemuk meskipun pola makannya relatif sama dengan teman seusianya. Semakin dewasa, semakin mudah ia untuk gemuk.

Mesomorf
Tipe ini menggambarkan orang yang dilahirkan dengan faktor genetika bertubuh kekar. Ia sudah terlihat berotor sejak kecil, dan ketika tumbuh dewasa, tubuhnya pun terlihat seperti atlet meskipun jarang latihan atau olahraga.

Semoga dengan artikel saya ini, bisa bermanfaat untuk anda dan juga keluarga anda, Terimakasih 🙂

Powered by : Sifat Genetik Yang Mempengaruhi Bentuk Tubuh