Cara Mendapatkan Kembali Tubuh Yang Ideal Setelah Melahirkan

Mendapatkan kembali berat badan yang ideal setelah melahirkan memang tidaklah mudah semudah membalikan telapak tangan. Tidak sedikit yang stress karena berat badan nya melonjak setelah melahirkan. Memperoleh berat badan yang ideal setelah melahirkan membutuhkan waktu dan tidak bisa terburu-buru. Mungkin anda sudah berolahraga, namun pola makannya tidak teratur.

Berikut adalah Cara Sehat Mendapatkan Kembali Tubuh Yang Ideal Setelah Melahirkan

1. Menyusui
Menyusui merupakan cara yang paling sehat dan mudah bagi wanita yang baru melahirkan untuk menurunkan berat badannya. Menurut Dr Raul Artal, menyusui tidak hanya memberikan manfaat bagi bayi yang baru lahir, namun juga bermanfaat bagi si ibu. Aktivitas menyusui dinilai dapat membakar sekitar 600 kalori dalam sehari. Jumlah tersebut sama dengan kalori yang dikeluarkan saat bersepeda selama 1 jam.

2. Atur pola makan sehat
Pasca melahirkan, seorang wanita membutuhkan asupan gizi yang baik untuk menyusui. Maka dari itu, alih-alih melakukan diet ketat nan menyiksa, lebih baik anda mengatur pola makan yang lebih sehat. Pola makan yang sehat bisa juga diartikan sebagai ‘diet seimbang’, yakni dengan memilih menu-menu makanan yang sehat seperti buah, sayuran, daging tanpa lemak, ikan, dan sebagainya. Selain itu, hindarilah makanan yang kurang sehat seperti gorengan, makanan yang manis, ataupun makanan berlemak.

3. Minum air yang cukup
Asupan cairan untuk tubuh harus terpenuhi dengan baik. Air putih diyakini sebagai minuman terbaik untuk kesehatan. Selain dapat mengeluarkan racun dari tubuh, air putih juga dapat membantu anda dalam mengurangi berat badan. Oleh sebab itu, penuhi asupan cairan yang diperlukan tubuh dengan minum air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas per hari.

4. Beraktivitas dengan si kecil
Sebenarnya, dengan merawat si bayi setiap hari, entah itu mengganti popok, menyusui, hingga menggendongnya, tanpa sadar –  kalori dalam tubuh anda ikut terbakar. Hal ini pada akhirnya membuat berat badan anda berkurang sedikit demi sedikit secara alami. Selain itu, anda juga bisa beraktivitas atau bermain dengan si buah hati. Ajaklah bayi anda ‘jalan-jalan’ dengan stroller di sekitar perumahan setiap pagi atau sore hari.